Statistika pada pembelajaran Sekolah Dasar seringkali menjemukan karena kurangnya kreatifitas guru matematika untuk mengolahnya.
Berikut merupakan salah satu aktivitas statistik yang dilakukan guru matematika di kelasnya. Suatu pengalaman berharga apabila Anda mengaplikasikannya di kelas ataupun di luar kelas.
-
Mengestimasi panjang
Mengestimasi panjang
Langkah-langkah mengestimasi panjang (usahakan siswa sudah menguasai pengukuran)
- Potong seutas tali, misalkan tali rafia
- Tunjukkan tali kepada murid-murid anda, lalu bertanyalah untuk mengeksplorasi perkiraan kasar pengukuran panjang (Anak-anak, panjang tali ini berapa ya?) Mungkin murid-murid anda akan menjawab dengan ukuran bermacam-macam.
3. Buatlah tabel untuk menuliskan hasil perkiraan murid-murid. Seperti tabel di bawah ini.
4. Pada kolom panjang (X) diisi perkiraan panjang yang dijawab siswa
5. Pada kolom frekuensi (f) anda tuliskan, berapa siswa yang memperkirakan panjangnya?
6. Lalu dengan bimbingan anda, lihatlah anda sudah dapat membuat diagram batang, diagram garis ataupun diagram lingkaran.
7. Setelah itu, tugaskan kepada para siswa untuk melakukan perkiraan-perkiraan lainnya sehingga mereka bereksplorasi penuh pada bab statistika ini. Misalkan menentukan tinggi badan siswa di kelasnya, menentukan panjang rentangan tangan para siswa, atapun anda ajak mereka ke luar kelas dan mereka memperkirakan warna pakaian-pakaian para pedagang hari itu yang mereka temui