Friday, December 23, 2011

Mengelompokkan segitiga

Kelas anda memerlukan pelajaran yag mengeksplor pengetahuan siswa.
Berikut salah satu kegiatan pembelajaran yang cukup menyenangkan jika anda gunakan di dalam kelas.


Buatlah aktivitas kooperatif berikut ini!
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membedakan segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang
1. Setiap kelompok murid dilengkapi dengan 12 tusuk gigi atau 12 batang korak api (hati-hati tidak digunakan untuk dinyalakan!)
2. Menyusun tusuk gigi, sembarang banyaknya, dengan ujung-ujungnya saling bertemu, untuk membentuk sebuah segitiga.
3. Periksalah setiap penyelesaian yang berbeda sebagai tripel bilangan.
Sebagai contoh, gunakan 3,3,4 untuk segitiga sama kaki dengan dua sisi kongruen sepanjang 3 tusuk gigi dan sisi lainnya sepanjang 4 tusuk gigi. Jangan hitung tripel 3,4,3 dan 4,3,3 secara terpisah karena mereka sama dengan 3,3,4 yang tadi kita susun
4. Setiap kelompok membuat daftar segitiga yang mungkin yang dapat dibentuk dengan sembarang banyaknya, sampai paling banyak 12 tusuk gigi
5. Pastikan sampai mereka mengelompokkan setiap segitiga, apakah termasuk segitiga sama sisi, segitiga sama kaki dan segitiga sembarang!


Segitiga sama sisi

1,1,1
2,2,2
3,3,3
4,4,4

Segitiga sama kaki

1,2,2
1,3,3
1,4,4
1,5,5
2,3,3
2,4,4
2,5,5
3,4,4

Segitiga sembarang
2,3,4
2,4,5
3,4,5




No comments:

Post a Comment

Pencarian